Total Tayangan Halaman

Senin, 06 Agustus 2012

Sleep Paralysis


Oke bloggers, kali ini saya akan membahas tentang hal yang baru-baru ini saya alami. Beberapa hari yang lalu sekitar akhir juli 2012, saya mengalami hal yang disebut “Sleep Paralysis” atau yang lebih dikenal dengan tidur tindihan atau dalam bahasa sunda “tidur eurep-eurep”.
                Sleep Paralysis seperti namanya, seseorang yang mengalami ini akan merasakan kelumpuhan pada saat tertidur, memang tidak akan lama, hanya terjadi sekitar 1-2 menit atau bahkan kurang, namun seseorang yang mengalami ini pasti akan merasa takut.
                Seperti yang telah saya alami, saya terkejut ketika pagi itu tubuh saya sama sekali tidak bisa digerakkan, ketika itu saya merasa sangat sadar, saya bisa berpikir dan saya juga bisa melihat benda-benda yang berada disekeliling saya seolah mata saya terbuka, namun kenyataannya mata saya masih tertutup.
Saya berpikir, kedua orang tua saya pernah mengatakan kalau mereka pernah mengalami hal seperti ini, dan ketika itu juga mereka melihat sesosok wanita berbaju putih, nah mungkin inilah kenapa disebut tidur ketindihan setan. Namun berbeda dengan saya, saya tidak melihat hal itu. Memang Sleep Paralysis selalu dikaitkan dengan hal-hal gaib, bahkan si banyak negara, tentunya dengan versi yang berbeda-beda.

                Saya sempat membaca sebuah blog dengan judul yang sama, dalam artikel itu dijelaskan bahwa ketika mengalami Sleep Paralysis, mata seolah terbuka dan melihat benda disekeliling itu hanyalah sebuah ingatan/memori yang ter-rekam dalam otak sebelum tertidur, saya tidak punya alasan untuk menyangkal karena gagasan itu cukup masuk akal dan saya menyetujui itu, namun sekali lagi orang yang mengalami ini akan merasakan seolah itu benar-benar nyata seperti yang terlihat.
                Suara saya juga tidak bisa keluar, padahal saya sudah berusaha dengan kuat untuk berteriak dan menggerakkan tubuh, namun sama sekali tidak berhasil. Ketika saya beristighfar pertama kali, tubuh saya langsung bisa digerakkan, dan orang yang pertama kali saya panggil adalah “ibu”, kemudian saya langsung bangun. Saya sangat ketakukan karena tidak pernah mengalami ini sebelumnya.
                Namun ketika saya mencari penjelasan-penjelasan ini dari google, ternyata itu adalah hal yang biasa dan tidak perlu dikhawatirkan karena itu bisa terjadi pada orang-orang yang lelah berlebihan, kurang cukup tidur, jadwal tidur yang kurang teratur, tidur telentang, stress dan beberapa faktor lainnya.
                Seperti yang sudah saya jelaskan, orang yang mengalami Sleep Paralysis biasanya akan melihat hal-hal yang seram seperti melihat sosok hantu, saya tidak yakin mengapa, karena saya tidak melihat hal itu, alhamdulillah mungkin karena setan-setan sedang dikurung karena saat itu sedang bulan Ramadhan :)
                Cukup sekian dari saya, intinya adalah Sleep Paralysis tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena hal itu bisa terjadi pada semua orang yang disebabkan oleh beberapa faktor. Mungkin postingan ini masih kurang cukup memberikan informasi karena saya hanya berbagi sedikit pengalaman, maka untuk lebih jelasnya tentang Sleep Paralysis, saya menemukan beberapa blog yang menarik, bisa click disini  dan click disini .
               
               

1 komentar: